Wednesday, April 4, 2007

LATAR BELAKANG

Kebutuhan data dan informasi kesehatan dari hari ke hari semakin meningkat. masyarakat semakin perduli dengan situasi kesehatan dan hasil pembangunan kesehatan yang telah dilakukan oleh pemerintah terutama terhadap masalah-masalah kesehatan yang berhubungan langsung dengan kesehatan mereka, sebab kesehatan menyangkut hajat hidup masyarakat luas dan semua orang butuh untuk sehat. Kepedulian masyarakat akan informasi kesehatan ini, memberikan nilai positif bagi pembangunan kesehatan itu sendiri. Untuk itu pihak pengelola program harus bisa menyediakan dan memberikan data dan informasi yang dibutuhkan masyarakat yang dikemas secara baik, sederhana, informatif, dan tepat waktu.

Profil kesehatan adalah gambaran situasi kesehatan di Kabupaten Banyumas yang memuat berbagai data tentang situasi dan hasil pembangunan kesehatan selama satu tahun. Data dan informasi yang termuat antara lain data kependudukan , fasilitas kesehatan, pencapaian program-program kesehatan, masalah kesehatan dan lain sebagainya. Profil ini disajikan secara sederhana dan informatif dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh pihak pihak yang berkepentingan.

Selain untuk menyajikan informasi kesehatan, profil bisa dipakai sebagai tolak ukur keberhasilan/kemajuan pembangunan kesehatan yang telah dilakukan selama tahun 2005 dibandingkan dengan target yang sudah ditetapkan, sekaligus bisa dipakai sebagai bahan evaluasi dalam upaya pencapaian Banyumas Sehat 2010.

Sebagai mana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah yang mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengandung konsekuensi bahwa masing-masing daerah harus memiliki sistem kesehatan sendiri, termasuk dukungan sistem informasinya. Untuk itu sisusunlah Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas tahun 2005 ini.

Dengan telah tersusunnya Profil Kesehatan Jawa Tengah tahun 2005 ini, maka profil ini dijadikan sebagai acuan data dan informasi resmi. Karena penyusunan profil ini telah melibatkan semua pihak dan programmer terkait baik ditingkat kabupaten maupun Puskesmas.

II. SISTEMATIKA PENYAJIAN

Agar profil kesehatan bisa lebih informatif, maka provil ini disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut :

BAB 1 : PENDAHULUAN

Bab ini secara ringkas menjelaskan latar belakang dan sistematika penulisan. Di dalamnya berisi pula uraian ringkas dari masing-masing bab.

BAB II : GAMBARAN UMUM KABUPATEN BANYUMAS

Bab ini menyajikan tentang gambaran umum Kabupaten Banyumas. Di dalamnya berisi uraian tentang keadaan geografis dan cuaca, luas lahan, pemanfaatan lahan, keadaan penduduk, pertumbuhan dan kepadatan penduduk, sex ratio, struktur penduduk menurut golongan umur, angka kelahiran, keadaan sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan.

BAB III : PEMBANGUNAN KESEHATAN DAERAH

Bab ini berisi tentang program pokok yang direncanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Dijelaskan pula tujuan, sasaran, dan target. Dijelaskan pula upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, sasaran dan target yang telah ditetapkan.

BAB IV : PENCAPAIAN DAN KINERJA PEMBANGUNAN KESEHATAN

Bab ini berisi tentang keberhasilan, kemajuan dan pencapaian program yang telah ditetapka selama tahun 2005. Pencapaian tersebut dianalisis berdasar penyebaran wilayah, berdasarkan waktu (dibandingkan dengan tahun sebelumnya), dengan indikator yang ada dan lainnya. Indikator yang dimuat dalam provil ini adalah indikator Indonesia Sehat 2010 dan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (SPM-BK). Indikator tersebut meliputi derajat kesehatan, keadaan lingkungan, keadaan perilaku masyarakat, upaya kesehatan dan management kesehatan.

BAB V : KESIMPULAN

Pada bab ini berisi tentang kesimpulan berupa hal-hal penting yang perlu mendapat perhatian dan telaah lebih lanjut. Disamping itu berisi pula keberhasilan dan kekurangan yang perlu diperbaiki di masa mendatang.

No comments: